Monday, September 26, 2016

JAMUR TUDUNG PENGANTIN

JAMUR TUDUNG PENGANTIN

Jamur yang satu ini memiliki jaring menyerupai tudung pengantin. Oleh karena itu, ia disebut jamur tudung pengantin.


Baunya Menyengat
            Jamur tudung pengantin termasuk keluarga jamur Phallaceae. Jamur jenis ini terkenal dengan baunya yang menyengat. Nah, jamur tudung pengantin memiliki nama ilmiah Phallus Indusiatus.
            Saat usianya matang, akan tumbuh jaring yang cantik. Jaring ini disebut Indusium. Tinggi jaringnya bisa mencapai 8-12cm. Jaring ini akan keluar dari bagian kepala. Ukuran jaring terus membesar seiring bertambahnya usia jamur. Sampai ke bagian bawah, besarnya lubang-lubang jaring semakin kecil.
            Sementara, tinggi jamur bisa mencapai 20cm. lamanya waktu hidup jamur ini antara 15 sampai 30 hari. Wah, sebentar sekali, ya.


Sahabat Serangga  
            Jamur ini berkembang biak dengan bantuan serangga, lo. Mau tahu caranya tumbuhan ini menarik perhatian serangga? Pada bagian kepala jamur yang berbentuk kerucut, terdapat lapisan lendir warna cokelat kehijauan. Lendir lengket itu mengandung spora. Nah, lendir ini memiliki bau busuk yang sangat menyengat. Namun, bau itu rupanya sangat menarik perhatian serangga. Salah satunya, lalat. Lalat suka sekali hinggap di situ dan memakan lendir itu. Sesudah itu lalat akan terbang ke tempat lain. Nah, jika lalat yang tadi membuang kotoran, maka dalam kotorannya terdapat spora jamur tudung pengantin. Di tempat lalat buang kotoran itu, akan tumbuh menjadi jamur baru. Unik, kan. Kalu jamur lain, mengandalkan angin untuk menyebarkan sporanya.


Tumbuhan Tropis
            Jamur tudung pengantin tumbuh di lingkungan bersuhu 21-25ᵒC. Seperti, Jepang, Australia, Singapur, termasuk Indonesia. Di Indonesia, jamur ini bisa ditemukan di daerah Condet, dekat Sungai Ciliwung atau di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat.

            Biasanya, jamur ini ditemukan di semak-semak pohon bambu yang lembab. Karena itulah, jamur ini disebut juga jamur bambu. Sst… Di Cina, jamur tudung pengantin dijual di pasar untuk dikonsumsi sebagai sayuran, lo.

No comments:

Post a Comment